Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Mengatasi Bluetooth laptop Tidak berfungsi

Bluetooth pada laptop tidak bekerja atau disabled dapat disebabkan oleh berbagai sebab, hal ini membuat pengguna tidak dapat mengirim dan menerima file dari perangkat lain. Dan jika hal ini terjadi bluetooth pada laptop tersebut tidak dapat ditemukan oleh perangkat lain (invisible) dan tidak dapat menemukan perangkat lain. Jika hal ini terjadi pada Windows, walaupun tombol bluetooth sudah pada posisi on dan driver bluetooth sudah terpasang (installed), berikut kesalahan yang mungkin terjadi pada Windows. 


Hal tersebut biasanya disebabkan oleh Bluetooth Service dan Bluetooth Support Service tidak berfungsi atau dalam keadaan disable. Hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan manusia (human error) baik disengaja atau pun tidak disengaja, atau hal tersebut dinonaktifkan oleh virus/program jahat (malware).
Cara mengatasi agar bluetooth dapat berfungsi dengan baik adalah dengan mengaktifkan (enable) kembali service tersebut. Yaitu silakan dibuka Service Windows Anda dengan cara:
  • Klik tombol Start, kemudian ketikkan services, selanjutnya pilih Service atau Service.exe atau dengan cara kombinasi tombol Windows + R (run), kemudian ketikkan services.msc.
  • Setelah jendela Services terbuka, silakan cari Bluetooth Service dan Bluetooth Support Service dan perhatikan apakah statusnya dalam keadaan Started atau Disabled.
  • Jika statusnya dalam posisi Disabled, silakan aktifkan dengan cara klik kanan pada Bluetooth Service, kemudian pilih Start. Agar service ini langsung aktif ketika Windows Startup, maka silakan klik kanan pada Bluetooth Service kemudian pilih Properties, pada bagian Startup type pilih Automatic.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar